Kamis, 13 November 2014

Arsitektur Berwawasan Lingkungan

Oke pertama kita akan bahas mengenai Arsitektur Berwawasan Lingkungan sob.. sebelum lebih lanjut, perkenalkan ane Azis Supratman .. ya teman-teman bisa manggil ane Azis. sekarang ane lagi studi di Universitas swasta di Depok.. ya Universitas Gunadarma dan ane ambil jurusan Arsitektur. oke cukup perkenalannya.... sekarang mari kita belajar bersama-sama mengenai Lingkungan dan arsitektur.....

Pertama kita akan membahas Apa Itu Arsitektur...???
Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. dan sejatinya seorang arsitek itu ingin membuat dunia baru dengan apa yang mereka inginkan. yah dapat dibilang egois, tapi semua itu perlu karna mengingat zaman selalau maju sob... okee.. selanjutnya kita akan membahas sedikit dengan lingkungan...

Apa itu Lingkungan...???
Lingkungan Adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.  Ya itu mungkin singkatnya mengenai lngkungan. Selanjutnya apa sih yang dimaksud Arsiterktur Berwawasan Lingkungan..???

ARSITEKTUR BERWAWASAN LINGKUNGAN atau lebih sering dikenal “Arsitektur Ekologis” ini merupakan pembangunan berwawasan lingkungan yang memanfaatkan semua potensi yang berada di alam tanpa melupakan ekosistem yang ada.

Awal mulanya pembangunan berwawasan lingkungan ini disadari karena terjadi kejadian-kejadian alam yang mulai meresahkan contohnya global warming; serta semakin berkurangnya sumber energi tidak terbaharui yang ada di bumi. Karena sumber energi tidak terbaharui inilah muncul pemikiran-pemikiran dimana para arsitek harus membangun bangunan yang hemat energi dan dapat beralih kepada sumber energi terbaharui.

Apabila arsitek tidak memerhatikan ekologi atau lingkungan sekitar maka akan dipastikan, sistem pada lingkungan tersebut akan tidak stabil dan akan menimbulkan bencana alam yang berakibat pada fungsi bangunan yang tidak bekerja dan melayani dengan baik.

TUJUAN DAN PRIORITAS
1. Sebagai contoh bagi masyarakat agar dapat menggunakan manfaat alam sebaik-baiknya, serta memberikan pengetahuan tentang membangun suatu bangunan yang sesuai dengan lingkungan atau ekosistem sekitar mereka.

2. Memberikan contoh agar masyarakat dapat merawat dan memerhatikan ekologi sekitar dengan berbagai kegiatan yang memprioritaskan kesehatan alam, sehingga terbentuk keseimbangan antara bangunan ekologi dengan ekologi tersebut.

3. Mengurangi dan mencegah kerusakan-kerusakan yang terjadi pada ekosistem dengan membangun bangunan yang ramah lingkungan dengan mengajak masyarakat untuk mengetahui dan melakukan tindakan terhadap pengolahan limbah, vegetasi, dan lain-lain.

TIPS MEMBANGUN HEMAT ENERGI DAN RAMAH LINGKUNGAN
1. Perhatian pada iklim; membangun sebuah bangunan yang sesuai dengan keadaan iklim yang ada. Pembangunan harus memerhatikan arah Timur-Barat, Selatan-Utara, agar mudah mendapatkan sinar matahari yang sesuai serta sirkulasi yang baik.

2. Mengurangi penggunaan sumber daya tidak terbaharui dan beralih ke sumber daya terbaharui; menciptakan teknologi yang dapat memperbaharui sumber daya yang ada, mencanangkan hemat energi dan penggunaan bahan bangunan ramah lingkungan contohnya dengan bantuan sinar matahari.

3. Dengan adanya teknologi memperbaharui yang bertujuan untuk mengolah limbah-limbah yang ada sehingga berdampak pada keberhisan dan kesehatan lingkungan. Memanfaatkan teknologi bekas pakai.
Penggunaan bahan bangunan yang hemat energi dan memiliki manfaat menyerap daya agar ramah lingkungan.


ya jadi mungkin itu saja sob yang ane mau bahas.. ya intinya kalau kita mau membangun suatu bangunan jangan egois sob. kita harus mempertimbangakan aspek lingkungan sob agar keseimbangan antara bangunan dan lingkungan tetep seimbang. oke segitu saja sob.. nanti ane posting lagi dengan bahasan selanjutnya. trimaksih telah mampir di blok ane sob.. 

ini linknya kalau mau yang lebih lengkap sob...

http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_ekologi

http://arsitekturdanlingkungan.blogspot.com/2012/10/ekologi-arsitektur.html

http://ridozah.wordpress.com/2012/11/05/arsitektur-sadar-lingkungan/

http://lusterspot.blogspot.com/2011/08/arsitektur-berwawasan-lingkungan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar